Masalah gizi pada anak usia sekolah masih menjadi salah satu tantangan kesehatan masyarakat di Indonesia. Pengetahuan dan sikap gizi yang kurang memadai dapat mempengaruhi perilaku makan yang berisiko terhadap status gizi anak sekolah. Edukasi gizi seimbang menjadi strategi penting untuk meningkatkan kesadaran anak tentang pentingnya pola makan yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi seimbang melaui media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi anak sekolah di SD Muhammadiyah Ledok, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sejumlah 34 siswa kelas 4 dan 5 SD. Edukasi gizi dilakukan dengan memberikan video animasi gizi seimbang berdurasi 8.48 menit. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap gizi sebelum dan setelah pemberian. Analisis data menggunakan paired t-test untuk membandingkan skor pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata skor pengetahuan (p<0,05) dan sikap gizi (p<0,05) setelah intervensi. Nilai rata-rata pengetahuan gizi sebelum intervensi sebesar 59,0 menjadi 73,5 atau naik 14,5 poin. Sedangkan rata-rata nilai sikap gizi sebelum intervensi edukasi gizi seimbang adalah 55,7 menjadi 79,6 atau naik menjadi 23,9 poin. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep gizi seimbang. edukasi gizi seimbang terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi anak sekolah. Intervensi semacam ini direkomendasikan untuk diterapkan secara rutin di lingkungan sekolah guna mendukung pembentukan pola makan sehat sejak dini. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengevaluasi dampaknya pada perilaku makan dan status gizi
Copyrights © 2025