Fahma : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis dan Manajemen
Vol 23 No 1 (2025): Januari 2025

Mengeksplorasi Cerita Rakyat Indonesia melalui Aplikasi Mobile sebagai Paradigma baru Pendidikan Budaya

Mubais, Ahmad (Unknown)
Noor Kholili, Ahlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memperkenalkan dan melestarikan cerita rakyat Indonesa di kalangan generasi muda. Cerita rakyat Indonesa yang kaya akan nilai budaya dan moral, semakin terpinggirkan oleh perkembangan teknologi dan kurangnya inovasi dalam penyajiannya. pengembangan sebuah aplikas mobile yang menyajikan certa rakyat dalam format interaktif, menggunakan kombinasi teks, suara, dan elemen multimedia lainnya untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman anak-anak terhadap certa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi desain dan pengembangan aplikasi berbasis mobile yang fokus pada pengalaman pengguna yang menyenangkan dan edukatif. Aplikasi ini dirancang untuk tidak hanya menghibur, tetap juga mendidik anak-anak mengena pentingnya melestarikan budaya Indonesa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikas mobile dapat menjadi media yang efektif dalam memperkenalkan certa rakyat kepada anak-anak, memfasilitas mereka untuk lebih terlibat dalam pembelajaran budaya secara digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi mobile dapat memankan peran penting dalam pendidikan budaya, memberikan solusi inovatif untuk menyampaikan nilai-nilai tradisonal dengan cara yang lebih relevan dan menarik bagi generasi muda di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fahma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Jurnal FAHMA adalah jurnal yang memuat naskah ilmiah dari peneliti, akademisi, maupun praktisi, berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji bidang Ilmu Komputer antara lain sebagai berikut : Kecerdasan Buatan, ...