Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Vol 8 No 1 (2025): Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam

TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PAI PASCA COVID-19 DI MIN 2 ACEH TAMIANG

Savira, Izza Aulia (Unknown)
Mahyiddin, Mahyiddin (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan pada berbagai aspek pendidikan, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MIN 2 Aceh Tamiang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi pembelajaran PAI setelah pandemi, mencakup metode pembelajaran, kurikulum/ materi pembelajaran, dan sistem evaluasi yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 2 Aceh Tamiang telah melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran, kurikulum pembelajaran serta sistem evaluasi dengan mengadopsi teknologi digital secara lebih luas, seperti penggunaan aplikasi pembelajaran daring dan media sosial sebagai sarana pendukung. Transformasi ini juga mendorong peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dengan materi PAI. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dan adaptasi dalam pembelajaran pasca pandemi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurdir

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Dirasah adalah jurnal pemikiran dan pendidikan dasar islam, tema yang dibahas sangt relevan dengan dunia kependidikan dasar islam dan menjadi bahan referensi internal terutama pada studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, meliputi bidang pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, kewarganegaraan, ...