Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

PERAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI PADA PELAKU UMKM KERIS DI SUMENEP)

Kusuma Ningrum, Azita Eka (Unknown)
Furqani, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Digital Payment terhadap kinerja UMKM keris beserta alasan yang mendorong penggunaan Digital Payment pada para pelaku UMKM keris di Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara terhadap para pelaku UMKM keris di Sumenep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pelaku UMKM keris terhadap penggunaan digital payment masih terbatas karena terdapat narasumber yang hanya menerapkan digital payment menggunakan M-Bangking saja. Adanya digital payment dapat mempermudah sistem pembayaran, pelanggan dari luar kota dapat melakukan pembelian dengan menggunakan sistem digital payment. Dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh penggunaan digital payment, terdapat pula kekurangan yang dialami para pelaku UMKM keris yaitu, masih banyak kasus penipuan yang dimana barangnya sudah dikirim tetapi tidak dibayar dan masih sering terjadi error sistem pada saat melakukan transaksi. Penggunaan digital payment juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja UMKM jika dilihat dari peningkatan omset penjualan, modal usaha, tenaga kerja yang dibutuhkan, perkembangan pemasaran, dan juga keuntungan/laba yang diperoleh. Alasan yang mendorong pelaku UMKM menggunakan digital payment karena kemudahannya, keamanannya, cepat dan lebih efisen, dan juga praktis. Kata Kunci : Digital Payment, UMKM Keris, Kinerja UMKM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...