Masa remaja berada dalam fase transformasi berupa perubahan fisik, emosional, dan sosial serta tantangan baru di era digital yang sering memicu stres dan kecemasan. Sekolah dengan sistem berbasis pesantren dengan berbagai macam tuntutan juga merupakan salah satu stressor tersendiri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang mindfullness pada siswa Madrasah Aliyah (MA) Karantina Putri Islamic Center Bin Baz menghadapi tekanan psikologis dan sosial. Pengabdian ini dilaksanakan pada 2 November 2024, melibatkan 93 siswa putri kelas X, yang berada dalam masa transisi pendidikan. Metode berupa survei awal, edukasi teori dan praktik mindfullness, diskusi dan refleksi kelompok. Hasil menunjukkan pendidikan tentang mindfullness meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa tentang mindfullness. Nilai rerata akhir berada pada nilai 78. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan pengukuran pasca-kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini membantu siswa meningkatkan pengetahuan dan mempraktikkan mindfullness secara efektif, meskipun tantangan implementasi tetap ada dalam lingkungan pendidikan
Copyrights © 2025