Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora)
Vol 9 No 1 (2025): SANTHET: (JURNAL SEJARAH, PENDIDIKAN DAN HUMANIORA) 

Transformation of Learning Systems with a Hybrid Approach Based on Information Technology: Transformasi Sistem Pembelajaran dengan Pendekatan Hybrid Berbasis Teknologi Informasi

Haris Mujianto (Unknown)
Untung Suryadhianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Teknologi telah menjadi elemen yang sangat penting dalam bidang pendidikan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi dengan mudah. Selain kemudahan, juga meyediakan berbagai kemudahan dalam proses belajar-mengajar. Salah satu bentuk metode pembelajaran online dengan menggunakan hybrid learning. Sistem pembelajaran hybrid membantu bagi peserta didik, terutama bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja, yang sebagian besar dilaksanakan oleh perguruan tinggi.Pendekatan dalam penelitian ini berupa library research. Analisis data dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran hybrid learning di era transformasi digital, sehingga penelitian ini lebih tepat menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian ditafsirkan secara deskriptif. Model pembelajaran hybrid, ada dua elemen utama: pembelajaran daring (online) dan tatap muka (offline), yang bisa dipilih atau digabungkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Fleksibilitas pembelajaran hybrid mendukung peserta didik baik peserta didik dalam pembelajaran andragogik maupun pedagogik dalam memilih metode yang paling tepat. Platform teknologi pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar, baik dalam konteks pembelajaran daring, tatap muka, maupun model hybrid. sesuai dengan kebutuhan pengajaran dan pembelajaran di masing-masing institusi. Zoom adalah platform yang sangat berguna dalam pendidikan, memungkinkan komunikasi dan kolaborasi yang efektif antara pengajar dan siswa, terutama dalam situasi pembelajaran jarak jauh atau hybrid. Dalam model pembelajaran hybrid, ada dua elemen utama: pembelajaran daring (online) dan tatap muka (offline), yang bisa dipilih atau digabungkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, implementasi pembelajaran hybrid mendukung peserta didik dalam mengelola waktu dan cara belajar secara lebih mandiri, efisien, dan efektif, serta memperkaya pengalaman belajar secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

santhet

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of history Santhet: (Journal of Education, History and Humanities) mainly focuses on the main problems in the development of the field of history as follows: ...