Kolaborasi robotika dalam pembelajaran di kelas berdampak pada kemampuan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru sekolah dasar (Kelas 3-5) dari empat sekolah yang memperkenalkan perangkat robotika. Hasilnya menunjukkan bahwa mengeksplorasi dengan dan menggunakan perangkat dan aktivitas robotik, membantu guru membangun kepercayaan diri dan pengetahuan mereka untuk memperkenalkan pemikiran komputasi kepada siswa muda. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa pengembangan profesional guru. Pendekatan pembelajaran terpadu antara sains, teknologi, teknik dan matematika untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga perlu difokuskan secara eksplisit bagaimana mengajarkan aktivitas science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis robotika yang sesuai dengan perkembangan yang lebih mengedepankan konsep, praktik, dan perspektif komputasi.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025