Kemajuan teknologi informasi dan persaingan di industri kecantikan menghasilkan data transaksi yang besar. Algoritma FP-Growth dipilih dalam penelitian ini karena efisiensinya dalam menganalisis data besar tanpa perlu menghasilkan kandidat itemset seperti algoritma Apriori. Data ini, jika dianalisis dengan tepat, dapat memberikan wawasan yang berguna untuk memperbaiki strategi pemasaran, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. CV Leika Skincare belum memiliki panduan dalam memanfaatkan data transaksi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian produk skincare menggunakan data transaksi penjualan dari Januari hingga Juni 2024, terdiri dari 25.818 entri data dan 22 atribut. Data dalam industri kecantikan sangat penting karena memberikan wawasan terkait perilaku pelanggan, preferensi produk, dan kebutuhan pasar, sehingga membantu perusahaan seperti CV Leika Skincare dalam merancang kampanye pemasaran yang relevan dan berbasis data. Dengan metode FP-Growth, bagian dari pendekatan Knowledge Discovery in Databases (KDD), serta bantuan perangkat lunak Rapid Miner, ditemukan 10 aturan asosiasi yang signifikan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan strategis untuk promosi bundling produk, rekomendasi produk, dan manajemen stok yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan data secara strategis dalam meningkatkan daya saing di industri kecantikan.
Copyrights © 2025