Jurnal Desainpedia
Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour

Strategi Visual dan Pesan Persuasif dalam Iklan Judi Online di Instagram

Wicaksana, Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Fenomena iklan judi online di media sosial, khususnya di Instagram, semakin mengkhawatirkan seiring dengan meningkatnya penetrasi dan frekuensinya. Iklan-iklan ini sering kali menonjolkan kemudahan dan keuntungan cepat yang dapat diperoleh, yang membuatnya menarik bagi remaja dan dewasa muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi visual dan pesan persuasif yang digunakan dalam iklan judi online di Instagram. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis terhadap konten visual dan pesan yang terkandung dalam iklan judi online yang ditemukan di platform Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi visual seperti penggunaan warna cerah, elemen interaktif, dan pesan yang menekankan pada keuntungan cepat dan mudah sangat efektif dalam menarik perhatian dan membangkitkan minat pengguna. Iklan-iklan tersebut berpotensi mempengaruhi perilaku pengguna untuk terlibat dalam perjudian online. Temuan ini mengindikasikan pentingnya regulasi yang lebih ketat dalam mengendalikan penyebaran iklan judi online di media sosial, khususnya yang dapat menjangkau kalangan remaja dan dewasa muda. Penelitian ini juga menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya judi online, terutama di kalangan remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Desainpedia

Publisher

Subject

Arts Humanities Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Product Design and Visual Communication Design department of Pembangunan Jaya University regularly publish articles biannual. We invite scholars, researchers, and academics to publish research results for three thematic special issues on Design, Lifestyle and ...