eCo-Fin
Vol. 7 No. 1 (2025): eCo-Fin

Pengaruh promosi yang dimediasi harga terhadap keputusan pembelian sopel grand wisata bekasi

Syahyono, Syahyono (Unknown)
Nazir Ahmad, Maulvi (Unknown)
Hermawan, Reza (Unknown)
Fitri Anggraeni, Anggita (Unknown)
Dwi Anggraini, Elfira (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan iklan terhadap keputusan pembelian produk Sopel di Grand Wisata Bekasi. Harga dan promosi merupakan elemen penting dari strategi pemasaran yang mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 134 responden yang dipilih secara acak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen cenderung menyeimbangkan harga dan manfaat produk, dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, strategi promosi seperti diskon, periklanan, program loyalitas, dan penawaran eksklusif terbukti efektif dalam meningkatkan minat konsumen. Model penelitian ini memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, dengan nilai AVE dan reliabilitas di atas ambang batas. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa promosi tidak hanya berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, tetapi juga berpengaruh signifikan terhadap harga  yang  memediasi hubungan antara promosi dengan keputusan pembelian. Studi ini menyimpulkan bahwa  strategi harga yang kompetitif dikombinasikan dengan promosi yang menarik dapat meningkatkan daya tarik konsumen dan secara efektif mendongkrak penjualan produk Sopel.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ef

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focusing on the development of economics, especially finance & accounting, both scientific and practical reviews, is expected to be a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economics in various social aspects. ...