Promosi adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan calon pembeli agar produk dapat didistribusikan dengan baik dan membuatnya orang tertarik. Salah satu cara membuat promosi menarik menggunakan aplikasi canva. Penggerak UMKM dan Karang Taruna Desa Sonorejo melihat keadaan masyarakatnya Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kesulitan melakukan promosi. Untuk promosi, UMKM ini masih melakukan pemasaran secara manual (offline) dan hanya warga desa sekitar yang mengetahui dan membeli barang-barang UMKM tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan terhadap warga desa sonorejo agar mampu membuat poster mandiri menggunakan aplikasi canva dan mempromosikan produknya secara online. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Objek pengabdian yaitu memberdayakan sejumlah 30 UMKM dari Desa Sonorejo. Hasilnya pelaku UMKM Desa Sonorejo dapat menjalankan aplikasi canva sekaligus menggunakan untuk membuat poster promosi produk mereka. Berikutnya pelaku UMKM menjadi lebih tahu cara mengembangkan usahanya setelah mengikuti pelatihan tersebut terutama melakukan promosi secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, pengetahuan dan keahlian menjalankan aplikasi canva bermanfaat bagi pelaku UMKM pemula untuk mengembangkan bisnisnya pada era modern yang penuh persaingan.
Copyrights © 2024