Najwa
Vol. 2 No. 1 (2024): Mei

Mendongkrak Kreatifitas dan Daya Jual Produk UMKM Desa Sonorejo dengan Pelatihan Desain Poster Promosi melalui Aplikasi Canva

Rudiansyah, Rafly Hatma (Unknown)
Nasrullah, Azka Abdurrahman (Unknown)
Antika, Isma Hana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Promosi adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan calon pembeli agar produk dapat didistribusikan dengan baik dan membuatnya orang tertarik. Salah satu cara membuat promosi menarik menggunakan aplikasi canva. Penggerak UMKM dan Karang Taruna Desa Sonorejo melihat keadaan masyarakatnya Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kesulitan melakukan promosi. Untuk promosi, UMKM ini masih melakukan pemasaran secara manual (offline) dan hanya warga desa sekitar yang mengetahui dan membeli barang-barang UMKM tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan terhadap warga desa sonorejo agar mampu membuat poster mandiri menggunakan aplikasi canva dan mempromosikan produknya secara online. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Objek pengabdian yaitu memberdayakan sejumlah 30 UMKM dari Desa Sonorejo. Hasilnya pelaku UMKM Desa Sonorejo dapat menjalankan aplikasi canva sekaligus menggunakan untuk membuat poster promosi produk mereka. Berikutnya pelaku UMKM menjadi lebih tahu cara mengembangkan usahanya setelah mengikuti pelatihan tersebut terutama melakukan promosi secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, pengetahuan dan keahlian menjalankan aplikasi canva bermanfaat bagi pelaku UMKM pemula untuk mengembangkan bisnisnya pada era modern yang penuh persaingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

najwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Articles published in Najwa: Journal of Research-based Community Service such as Participatory Action Research (PAR), Asset-based Community Development (ABCD), Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development, Training and ...