Peneliti ini menggunakan data keluar masuk pelanggan pembelian chemical laundry pada bulan Juli – Desember 2022. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability dengan metode purposive sampling dan jumlah responden 100 pelanggan laundry. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan program SPSS 23.Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, ditunjukkan dengan nilai sig. 0,033 < 0,05; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, ditunjukkan dengan nilai sig. 0,014 < 0,05; dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, ditunjukkan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.Variabel harga, kualitas produk dan lokasi berpengaruh signifikansi terhadap loyalitas pelanggan, nilai Fhitung sebesar 23,051 sedangkan Ftabel 6,2. Nilai Adjusted R square sebesar 0,401, dimana variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan dengan variabel harga, kualitas produk dan lokasi itu sebesar 0,401 atau 40,1%, sedangkan sisanya sebesar 59,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain tidakditeliti
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024