Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran olahraga digital berbasis augmented reality (AR) yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran olahraga sekaligus memperkuat karakter mereka, seperti disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan motivasi. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Negeri 107403, pada bulan Oktober s/d Desember T.A 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek dalam penelitian yaitu sistem pembelajaran olahraga digital berbasis augmented reality. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis kelayakan sistem pembelajaran olahraga digital berbasis augmented reality. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 88.95% dikategorikan sangat layak. Hasil validasi oleh ahli antarmuka pengguna (UI/UX) dengan persentase 90.00% dikategorikan sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media dengan persentase 91.60% dikategorikan sangat layak. Dan hasil validasi oleh ahli keamanan dengan persentase 85.70% dikategorikan sangat layak. Maka, dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran olahraga digital berbasis augmented reality layak untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025