Manajemen pengelolaan pada workshop dan laboratorium merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang apa, bagaimana, dan mengapa suatu workshop dan laboratorium dikelola untuk mencapai tujuan institusional pendidikan. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS merupakan salah satu institusi pendidikan formal guna meningkatkan sumberdaya manusia didunia industri maupun dunia usaha. Sehingga harus diadakan manajemen pengelolaan workshop dan laboratorium yang terstruktur agar tercapai kegiatan belajar mengajar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa workshop kayu Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS pada beberapa variabel yang meliputi variabel perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik, namun masih didapati hambatan. Hambatan tersebut berupa alat yang sudah tua, mekanisme pengajuan pengadaan yang sedikit sulit, keterbatasan anggaran, keterlambatan bahan, masih kurangnya kapasitas sumber daya manusia atau laboran dalam workshop kayu PTB UNS untuk dapat merawat dan memperbaiki seluruh mesin kerja alat yang dimiliki, sulit dilakukannya pengawasan saat berlangsungnya praktikum pada workshop kayu PTB UNS dikarenakan kesibukan dosen dan juga didapati keterlambatan datang mahasiswa praktik pada saat akan dimulainya pelaksanaan praktik. Upaya yang dilakukan untuk dapat mengatasi faktor-faktor hambatan tersebut meliputi pengadaan lebih untuk perbaikan sarana dan prasarana dalam workshop kayu PTB UNS, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia atau laboran agar dapat memelihara keseluruhan laboratorium yang dimiliki program studi PTB, perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat lagi pada saat penggunaan sarana dan prasarana yang ada pada workshop kayu PTB UNS, mahasiswa diharapkan dapat kooperatif pada saat pelaksanaan praktikum yang berlangung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024