Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pada materi luas permukaan dan volume limas dan prisma untuk meningkatkan kemampiuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dilakukan karena berdasarkan hasil observasi, banyak sekolah yang masih menerapkan model pembelajaran ekspositori sehingga siswa kurang mendapatkan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (RD) di mana menciptakan perangkat pembelajaran serta dilakukan pengujian validitas oleh para ahli (judgement expert). Hasil uji validitas dengan ahli menunjukkan bahwa baik validitas isi maupun validitas muka untuk setiap jenis perangkat pembelajarannya yaitu RPP, lembar penilaian, kisi – kisi assessment, bahan ajar, LKPD, dan PPT pembelajaran sangat valid. Besar harapannya, perangkat pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal di dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya.
Copyrights © 2023