Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara Edisi Januari - Maret

Pelatihan Strategi Digital Branding dalam Upaya Optimalisasi Bank Sampah

Cahyaningrum, Dinis (Unknown)
Hasany, Tifani Dame (Unknown)
Asri, Ni Wayan Adelia Mutiara (Unknown)
Safitri, Dhanny (Unknown)
Ibrahim, Isra Dewi Kuntary (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Bank Sampah Putri Nyale, yang terletak di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah merupakan lembaga pengelola limbah organik dan anorganik dengan sistem tabungan kreatif berbasis emas serta bermitra dengan sektor perhotelan. Namun, dalam operasionalnya, Bank Sampah Putri Nyale menghadapi tantangan dalam penerapan branding digital, yang menghambat pengembangan operasional dan jangkauan layanan. Untuk mengatasi permasalahan ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui pelatihan strategi digital branding. Pelatihan ini diadakan untuk memberikan peserta kemampuan dalam memanfaatkan platform digital, seperti optimalisasi email, media sosial, dan aplikasi pengeditan, guna memperkuat citra dan memperluas jangkauan layanan. Evaluasi yang dilakukan melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta, dalam digital branding. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan profesionalisme Bank Sampah Putri Nyale dalam menjalin kemitraan, tetapi juga mendukung keberlanjutan program pengelolaan sampah berbasis komunitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...