Kalindaqdaq merupakan karya sastra masyarakat mandar yang dianggap sebagai puisi lama dan salah satu akulturasi harmonisasi agama dan kearifan lokal. Beberapa studi tentang kaindaqdaq telah dilakukan tetapi tidak ada yang dari perspektif etno-pedagogis. Kajian ini bertujuan untuk mendukung pentingnya kearifan lokal dalam pendidikan Islam karena proses pendididIkan tidak lepas dari ekspresi budaya dan tatanan adat yang terbukti mampu mendidik manusia. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dengan mengidentifikasi, memilih, dan mengkaji hasil penelitian yang relevan dengan topic dan karya sastra tentang Kalindadaq. Analisis dilakukan dengan cara mengetahui keterpaduan atau keterkaitan antara kearifan lokal dan agama Islam. Temuan mengungkapkan bahwa Kalindadaq berfungsi sebagai sarana pendidikan agama Islam, moral, media sosialisasi tradisional, alat komunikasi untuk narasi tradisional dan hiburan.
Copyrights © 2022