Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan

Integrasi Game dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Riskami Wal Ikrami (Universitas Negeri Padang)
Nanik Pratiwi (SMP Pembangunan Laboratorium UNP)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran yang diintegrasikan dengan game dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Pancasila kelas VII.A Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Ini dilatarbelaki adanya indikasi rendahnya motivasi belajar murid sehingga pembelajaran tidak berjalan efisien dan efektif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan data dikumupulkan melalui pengamatan langsung. Sebanyak 27 orang siswa di kelas VII.A dijadikan sebagai subjek penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa khususnya pada materi menghargai budaya lokal secara signifikan. Pada materi menghargai budaya lokal pembelajaran diintegrasikan dengan aktivitas game sehingga sekurang-kurangnya terlihat 70% rata-rata persentase motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

crt

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The publication of Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion, and updating of ideas from academics related to the discussion of the structure and dynamics of educational institutions, Curriculum Development, Learning Models, Classroom Action Research, School ...