Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 2 (2024): Januari-Juni 2024

Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee: (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee Di Perum Alam Sanggar Indah Kab. Bandung Barat)

Handayani, Rini (Unknown)
Puspasari, Annisa (Unknown)
Amalia, Rila (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengguna aplikasi Shopee yang berada di Perum Alam Sanggar Indah Kab. Bandung Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Pada penelitian ini yang menjadi unit analisisnya adalah individu yaitu pengguna aplikasi Shopee di Perum Alam Sanggar Indah Kab. Bandung Barat. Sampel dari penelitian ini sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu merupakan teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, selain itu juga dilakukan pengujian validitas dan reabilitas instrument penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan pada variabel eksogen (harga dan promosi) terhadap variabel endogen (keputusan pembelian). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sebesar 42,7%, sedangkan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 19,2%. Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 61,9%.

Copyrights © 2024