Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur cukup potensial. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam menjalankan usahanya salah satunya terkait pemasaran. Adanya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi merupakan salah satu tantangan yang dihadapi UMKM terutama dalam hal pemasaran yang semakin lama berubah pola pemasarannya menjadi pemasaran secara digital. Pemasaran secara digital atau lebih dikenal dengan digital marketing merupakan kegiatan mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan media elektronik. Maka dari itu, penulis mengadakan kegiatan pendampingan terkait digital marketing kepada para pelaku UMKM sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menambah pengetahuan dan agar para pelaku UMKM dapat melek teknologi terutama dalam memanfaatkan platform digital. Kegiatan ini dilakukan secara door to door agar materi yang disampaian lebih mudah untuk dipahami. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode survey, pemberian sosialisasi, serta melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha. Kegiatan yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan pengetahuan dan menjadikan para pelaku UMKM di Desa Ambulu dapat melek teknologi serta dapat memanfaatnya untuk memajukan UMKM. Melalui kegiatan ini para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya melalui media sosial agar jangkauan pemasarannya lebih meluas dan dapat meningkatkan produktivitas.
Copyrights © 2024