E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.13.NO.09.TAHUN.2024

PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI KOTA DENPASAR)

I Gusti Putu Diva Maharani (Unknown)
Komang Agus Satria Pramudana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Fenomena industri makanan dan minuman meningkat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat, hususnya di Kota Denpasar menempati posisi tertinggi konsumsi makanan dan non makanan di Bali. Salah satu produk lokal yang bergerak dalam industri ini dan cukup dikenal oleh masyarakat adalah Teh Botol Sosro. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan melibatkan 130 responden menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek pada konsumen produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Citra merek secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris tentang hubungan antara variabel kualitas produk, citra merek, dan loyalitas pelanggan bagi pengembangan ilmu pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...