Taksonomi Bloom merupakan alat yang efektif untuk merancang tujuan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan keterampilan kognitif siswa.  Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritis bagaimana tujuan pemeblajaran berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode penelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan  (literatur review) dengan membaca beberapa buku yang terkait dengan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Taksonomi Bloom menjadikan pembelajaran yang lebih terstruktur, terutama pada tingkat kognitif yang lebih tinggi seperti evaluasi dan penciptaan. Namun terdapat tantangan dalam menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan penilaian, khususnya dalam mengukur keterampilan berfikir kritis. Studi ini juga menemukan bahwa teknologi dapat membantu guru dalam memantau ketercapaian tujuan pembelajaran secara lebih efektif. Oleh karena itu, implementasi Taksonomi Bloom yang tepat dapat memperbaiki tujuan pembelajaran secara keseluruhan dengan mendorong pengembangan berfikir kritis dan kreatif siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024