Kebergunaan dan pengalaman pengguna yang baik merupakan tolak ukur sistem informasi yang berkualitas. Sistem Informasi Penjualan Buku yaitu aplikasi operating support system yang berorientasi pada peningkatan layanan manajemen. Aplikasi ini hanya dimiliki oleh PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Cabang Lampung yang lembaganya tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Sistem informasi ini memiliki fungsi utama yaitu manajemen proses penjualan dan laporan penjualan buku. Penggunaan aplikasi untuk memperoleh, mengolah dan mendapatkan informasi sudah menjadi kebutuhan perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan sehingga tercipta pekerjaan yang efektif dan efisien. Ditemukannya permasalahan pengelolan permintaan dan insiden layanan yang terjadi pada sistem informasi penjualan buku. Maka diperlukan melakukan tindakan klasifikasi terhadap jenis-jenis layanan agar dapat pemecahan insiden baik dalam bentuk langsung atau tidak langsung, Salah satunya seperti melakukan pemetaan penyelarasan EG ke AG menggunakan tabel pemetaan berdasarkan COBIT 2019. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, diperoleh kesimpulan yaitu lima proses TI yang menjadi fokus utama yaitu APO04 memperoleh nilai capability yang berada pada level 3, APO07 memperoleh nilai capability yang berada pada level 3, APO13 memperoleh nilai capability yang berada pada level 3, DSS02 memperoleh nilai capability yang berada pada level 3 dan DSS03 memperoleh nilai capability yang juga berada pada level 3. Dengan demikian perlu adanya audit sistem informasi penjualan buku dengan menggunakan COBIT 2019, agar menghasilkan perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap sistem informasi yang digunakan, agar sesuai dengan tujuan perusahaan
Copyrights © 2024