Penggunaan teknologi informasi dalam penyelesaian tugas administrasi guru dapat dijelaskan dari elemen karakter kebutuhan pekerjaan guru dan karakter teknologi informasi itu sendiri (Google Classroom) yang berdampak pada pemanfaatan teknologi informasi yang selanjutnya akan berujung pada kinerja individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian karakter kebutuhan pekerjaan administrasi guru dengan Google Classroom terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan dampak pemanfaatan Google Classroom terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan memberikan perlakuan (treatment) terhadap suatu kelompok. Lokasi penelitian berada di SMK Muhammadiyah 1 Rumbia. Kelompok subyek diambil tidak secara acak dari populasi tertentu, kelompok diberikan treatment kemudian dilakukan pengamatan dan pembagian kuesioner untuk mengukur tingkat perubahan kelompok tersebut setelah treatment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian a) Terdapat kesesuaian antara kebutuhan tugas administrasi guru dengan learnboost yang mendorong guru untuk memanfaatkan learnboost sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tugasnya. b) Penggunaan learnboost sebagai instrument administrasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru yang berimplikasi dalam peningkatan efektifitas dan produktifitas guru dalam mengerjakan tugas- tugas administrasi guru di sekolah.
Copyrights © 2024