Proses pembelajaran mengenal huruf dan warna di TK ABA Purwodadi masih dengan cara tradisional, yaitu menggunakan papan tulis, buku ataupun penjelasan lisan. Sekolah tersebut belum menggunakan media pada proses pembelajaran sehingga anak kesulitan dalam menerima dan memahami materi karena anak kurang tertarik terhadap pembelajaran yang berlangsung, akibatnya anak cenderung merasa bosan untuk belajar. Dalam penelitian ini, peneliti membuat media pembelajaran pengenalan huruf dan warna berbasis android sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan SDLC (Systems Development Life Cycle), yaitu tahap Rencana (Planning), Analisis (Analysis), Desain (Design), Implementasi (Implementation), Uji Coba (Testing), dan Pengelolaan (Maintenance). Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan kepada guru dan orang tua dalam memberikan pembelajaran mengenal huruf dan nama-nama warna pada anak taman kanak-kanak.
Copyrights © 2024