KELOLA
Vol 11, No 2 (2024)

Peningkatan Kepuasan Pelanggan Kopi Nako Surakarta Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga

Salzabilla, Naviah Alya (Unknown)
Susila, Linda Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh masing-masing variabel. Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Kopi Nako Surakarta. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuisioner terhadap 100 orang responden dengan menggunakan teknik Acciddental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisa dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Nako Surakarta. Hasil uji koefisien determinasi R2 kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 60,4% dan sisannya 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini misalnya lokasi dan citra merek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Berkala Ilmiah (KELOLA) Program Studi S1 Manajemen diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" STIE-AUB Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan ...