INTEK: Informatika dan Teknologi Informasi
Vol. 7 No. 2 (2024)

Analisis Kualitas E-Learning Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis

Ahamd Mubaroq, Masnu (Unknown)
Pasa, Ike Yunia (Unknown)
Tjahjo Saputro, Wahju (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Sistem e-learning pada MAN 1 Kebumen sampai saat ini telah lama digunakan. Namun belum pernah teruji dan terukur seberapa jauh dampak sistem e-learning tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini berupaya mengetahui sejauh mana sistem e-learning memberikan pelayanan bagi siswa dan guru. Pertanyaan lain yang diusulkan pada penelitian ini yaitu apa perbaikan dan pengembangan yang dapat dilakukan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 untuk mengetahui dimensi usability, information dan service interaction. Metode Importance Performance Analisys (IPA) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan Webqual Index (WQI) menghasilkan 0,77 yang masuk interval 0,60 – 0,79. Sehingga e-learning yang digunakan pada MAN 1 Kebumen berkategori Baik. Hasil dari Metode Importance Performance Analisys (IPA), perbaikan e-learning masuk kategori kuadran I yaitu tingkat kinerja rendah namun harapan pengguna guru dan siswa lebih tinggi. Dengan demikian penggunaan e-learning masih sangat diharapkan berkinerja baik dalam mendukung proses pembelajaran dan akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

Focus and Scopes INTEK Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi (INTEK) is a peer-reviewed Journal of Information and Computer Sciences published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. This journal publishes two times a year (May and November). INTEK is a media for researchers, academics, and ...