Sistem e-learning pada MAN 1 Kebumen sampai saat ini telah lama digunakan. Namun belum pernah teruji dan terukur seberapa jauh dampak sistem e-learning tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini berupaya mengetahui sejauh mana sistem e-learning memberikan pelayanan bagi siswa dan guru. Pertanyaan lain yang diusulkan pada penelitian ini yaitu apa perbaikan dan pengembangan yang dapat dilakukan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 untuk mengetahui dimensi usability, information dan service interaction. Metode Importance Performance Analisys (IPA) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan Webqual Index (WQI) menghasilkan 0,77 yang masuk interval 0,60 – 0,79. Sehingga e-learning yang digunakan pada MAN 1 Kebumen berkategori Baik. Hasil dari Metode Importance Performance Analisys (IPA), perbaikan e-learning masuk kategori kuadran I yaitu tingkat kinerja rendah namun harapan pengguna guru dan siswa lebih tinggi. Dengan demikian penggunaan e-learning masih sangat diharapkan berkinerja baik dalam mendukung proses pembelajaran dan akademik.
Copyrights © 2024