Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia, baik dari sisi penyerapan tenaga kerja maupun kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB). Tantangan besar yang sering dihadapi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, terutama terkait dengan pemasaran dan manajemen keuangan. Apabila hal ini tidak diatasi maka UMKM yang sedang bertumbuh akan kalah bersaing. Seperti yang terjadi pada UMKM di Kelurahan Ganjar Asri memiliki kendala diantaranya kurangnya pemahaman strategi branding dan pacaking serta manajemen keuangannya yang masih buruk yang ditandai dengan belum tersusunnya laporan keuangan. Adapun metode pelaksaan dalam pelatihan ini yaitu terdiri dari 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu pelaku UMKM dapat memehami penting branding dan packaging yang dapat meningkatkan daya saing di pasar. Serta pentingnya penyusunan laporan keuangan guna mengetahui kondisi keuangan usaha.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025