Publication Library and Information Science
Vol 8, No 2 (2024)

TINGKAT LITERASI INFORMASI MAHASISWA STT LUTHERAN YOGYAKARTA

Rinanda, Yoga Dendy (Unknown)
Antasari, Indah Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta berdasarkan The Seven Pillars. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan populasi mahasiswa aktif di STT Lutheran Yogyakarta sebagai responden sejumlah 26 orang. Metode dalam pengambilan data menggunakan survei, kuensioner, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yang menunjukkann nilai dari setiap subvariabel the seven pillars adalah: pilar 1 mengenali kebutuhan informasi (recognize information need) 3,15; pilar 2 mengetahui sumber relevan (distinguish ways of addressing gap) 3,17; pilar 3 strategi pencarian informasi (contruct strategies for locating) 3,44; pilar 4 menemukan lokasi dan akses (locating and access) 3,09; pilar 5 membandingkan dan mengevaluasi informasi (compare and evaluate) 3,24; pilar 6 mengatur informasi, menerapkan dan mengkomunikasikan (organize, apply, and communicate) 3,47; pilar 7 mensintesis dan menciptakan informasi baru dan menyebarkannya (synthesise and create) 3,10. Dengan keseluruhan rata-rata nilai variabel yaitu 3,24, dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta masuk kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PUBLIS

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Publication Library and Information Science is a Journal of Periodical Publication managed by Technical Unit of Library (UPT Perpustakaan) Universitas Muhammadiyah ...