Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam
Vol. 7 No. 2 (2024): DESEMBER

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UMKM BATIK

Abel Fitriyaningrum (Universitas Trunojoyo Madura)
Abdur Rohman (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Batik Sendang Duwur merupakan batik yang diproduksi oleh warga Desa Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Terutama sesuai dengan karakteristik Desa Sendang Duwur sebagai wilayah pesisir. Penelitian menunjukkan bahwa pemilik UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan telah menanamkan sifat-sifat berdagang Rasulullah SAW, seperti Shidiqq (jujur dan benar), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), dan Tabligh. Proses pemasarannya yang jujur, amanah, dan transparan tentang produk yang dijualnya, dan melihat pesaingnya sebagai mitra dan melihat persaingan secara sehat, menunjukkan hal ini. Pemasaran menggunakan kombinasi 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data tentang subjek dan sumbernya melalui pengamatan. di UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan kemudian peneliti melakukan pengumpulan data hasil wawancara, catatan lapangan. Peneliti ini melibatkan pemilik toko dan karyawan disana. Kata Kunci; Strategi Pemasaran syariah,

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IQTISODINA

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Iqtisodina (Online ISSN : 2722-8460) : Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam sebuah Media informasi dan karya tulis ilmiah untuk kalangan akademisi terutama kampus Institut Agama Islam Nazhatut Thullab (IAI NATA) Sampang Madura, merupakan jurnal ilmiah yang memuat makalah dan artikel ilmiah ...