Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 2 No. 2 (2025): February

Analisis Culture Shock Yang Dihadapi Mahasiswa Internasional di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Virna, Lira (Unknown)
Murdiati, Eni (Unknown)
Hamandia, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman Culture Shock yang dialami oleh mahasiswa internasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Pentingnya memahami fenomena ini adalah untuk memberikan dukungan yang tepat dan efektif kepada mahasiswa internasional dalam proses adaptasi mereka. Masalah yang dikaji meliputi bentuk-bentuk Culture Shock, gejala, faktor penyebab, serta strategi coping yang digunakan mahasiswa internasional untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala utama Culture Shock mencakup kesulitan berkomunikasi akibat perbedaan bahasa, aksen lokal, dan norma sosial, serta ketidak cocokan dengan kebiasaan lokal seperti makanan, cara berpakaian, dan sistem pendidikan. Faktor-faktor yang memengaruhi Culture Shock antara lain perbedaan budaya, latar belakang pendidikan, dan minimnya pengalaman lintas budaya. Mahasiswa internasional menunjukkan kemampuan untuk mengatasi Culture Shock melalui strategi coping yang beragam, termasuk Problem-focused coping , emotion-focused coping , dan dukungan sosial dari teman lokal serta sesama mahasiswa internasional. Strategi ini membantu mereka mengurangi tekanan emosional dan mempercepat proses adaptasi. Penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang pengalaman Culture Shock dan strategi adaptasi mahasiswa internasional, yang dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan dalam mendukung proses adaptasi mahasiswa asing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...