Penelitian ini menganalisis framing pemberitaan mengenai Nikuba di situs CNNIndonesia.com menggunakan model analisis Zhongdang Pan dan M. Kosicki. Framing dalam media mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu isu melalui pemilihan dan penekanan aspek tertentu dalam berita. Kajian ini bertujuan untuk memahami bagaimana CNNIndonesia.com membingkai pemberitaan mengenai Nikuba, alat yang diklaim mampu mengubah air menjadi bahan bakar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis framing. Data diperoleh melalui pengumpulan dan analisis berita terkait Nikuba di CNNIndonesia.com, yang kemudian dianalisis berdasarkan empat struktur framing Pan & Kosicki: sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang digunakan cenderung menyoroti efektivitas dan kontroversi Nikuba. CNNIndonesia.com menyajikan berita dengan format 5W+1H, mengutamakan kutipan sumber terpercaya, dan menggunakan struktur tematik yang menampilkan koherensi penjelas, sebab-akibat, serta pembeda. Struktur retoris dalam berita memperkuat pesan dengan penggunaan istilah tertentu dan dokumentasi visual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025