Jurnal Keperawatan Profesional
Vol 13, No 1 (2025): Determinants of Health

Faktor-Faktor Individu yang Berhubungan dengan Status Kesehatan Mental Mahasiswa

Sari, Suci Indah (Unknown)
Nauli, Fathra Annis (Unknown)
Elita, Veny (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Status kesehatan mental merupakan keadaan individu yang dapat dibedakan menjadi sehat mental dan masalah kesehatan mental. Kondisi status kesehatan mental ini dapat berhubungan dengan berbagai faktor dari dalam diri individu itu sendiri, meliputi kepribadian, keharmonisan hidup, kebermaknaan hidup dan persaudaraan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status kesehatan mental mahasiswa Universitas Riau. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi melalui pendekatan cross sectional . Sampel pada penelitian ini berjumlah 394 responden mahasiswa Universitas Riau yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik proporsional random sampling . Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 275 responden (69,8%) mengalami masalah mental emosional. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa faktor-faktor individu yang berhubungan dengan status kesehatan mental siswa adalah kepribadian ( p value 0,00 < α 0,05) dan keharmonisan hidup ( p value 0,00 < α 0,05). Namun, kebermaknaan hidup ( p value 0,461 > α 0,05) dan kenangan emosional (p value 0,336 > α 0,05) tidak berhubungan dengan status kesehatan mental siswa. Simpulan: Mayoritas responden mahasiswa Universitas Riau mengalami masalah kesehatan mental. kepribadian dan keharmonisan hidup menunjukkan hubungan dengan status kesehatan mental pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health

Description

Jurnal Keperawatan Profesional is a peer-reviewed journal to discuss and spread original and critical analysis on various contemporary health issues. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, clinical practitioners, and researchers. This journal encompasses ...