Muara: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional
Vol 6, No 2 (2023): Muara

LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN DALAM PERSPEKTIF KONSUMEN ONLINE

Fifaldyovan, Muhammad Ikhsan (Unknown)
Supriyanta, Supriyanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2023

Abstract

Loyalitas pelanggan online merupakan strategi jangka panjang yang berkelanjutan, namun mempertahankan pelanggan online merupakan sesuatu yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Hipotesis penelitian adalah kualitas produk dan layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sampel adalah 100 konsumen online di Semarang, yang diperoleh secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian adalah kualitas produk dan layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan; kualitas produk dan layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan; dan kepuasan pelanggan memediasi hubungan kualitas produk dan layanan dengan loyalitas pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

muara

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Muara : Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional adalah jurnal yang menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian di bidang manajemen pelayaran dengan berbagai topik antara lain, namun tidak terbatas pada bidang fungsional manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategis, ...