Pada zaman dengan teknologi yang maju, komunikasi tidak hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka. Namun, juga dapat dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan aplikasi-aplikasi obrolan digital. Dengan teknologi ini sangat membantu mempermudah berbagai individu dalam berkomunikasi, terutama dalam aspek pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan fitur yang ada di aplikasi WhatsApp oleh mahasiswa Universitas Tidar angkatan 2024. WhatsApp adalah aplikasi yang menyediakan fitur bagi pengguna untuk bertukar pesan (chat), video call, mengirimkan foto, voice note, dan telepon secara individu maupun grup. Fitur WhatsApp Group diimplementasikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi diskusi secara berkelompok dalam mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk pernyataan yang ditunjukkan untuk responden. Dengan 85 responden, responden memberikan penilaian tinggi pada pernyataan fitur tersebut membantu keberlangsungan berjalannya kerja kelompok dan apabila fitur tersebut ditiadakan akan memberi kendala besar. Namun, dalam konteks meningkatkan kontribusi dan komunikasi, fitur ini mendapatkan penilaian yang rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa fitur WhatsApp Group sangat membantu mahasiswa dalam keberlangsungan komunikasi dan penyelesaian tugas kelompok, tetapi tidak mampu meningkatkan minat mahasiswa yang pasif untuk berkontribusi. Kata Kunci: WhatsApp, Komunikasi Kelompok, Media
Copyrights © 2025