Jurnal Bisnis
Vol. 12 No. 2 (2024): Desember

Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Delisa Delicious Cabang Cipaisan Purwakarta Melalui Program Selling dan Distribusi

Wulandari, Tresna (Unknown)
Putri, Sabrina Berliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program selling dan distribusi, serta gambaran keputusan pembelian konsumen Delisa Delicious. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh program selling terhadap keputusan pembelian, distribusi terhadap keputusan pembelian, dan mengetahui pengaruh program selling terhadap distribusi. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, survey, serta deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Delisa Delicious yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, sehingga melalui teknik penarikan sampel probability simple random sampling, seluruh konsumen yang mengisi kuesioner sejumlah 102 orang, dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Hipotesis penelitian ini diuji melalui statistik nonparametrik Korelasi Kendall’s Tau. Hasil: Program selling Delisa Delicious dirasakan konsumen 86,27%. Aktivitas distribusi dirasakan konsumen 88,80%. Keputusan pembelian konsumen dirasakan konsumen 94,81%. Program selling dan distribusi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian konsumen serta arah hubungannya berlawanan. Distribusi memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian dan berkorelasi positif, namun derajat hubungannya sangat rendah. Implikasi Praktis: Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pemilik Delisa Delicious guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Kebaruan: Penelitian ini menggunakan variabel dengan indikator yang berbeda dari penelitian terdahulu, serta dilengkapi dengan deskripsi hasil penghimpunan data kualitatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ilejurnalojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. ...