Abstrak. Project-Based Learning (PjBL) merupakan sebuah metode pembelajaran yang memfokuskan pembuataan proyek sebagai media pembelajaran dengan tujuan sebagai perantara untuk menyampaikan materi pembelajaran. Project-Based Learning (PjBL) dinilai sebagai metode yang tepat untuk menciptakan keterampilan sains pada mata pelajaran biologi, karena karakteristikProject-BasedLearning(PjBL) dapatmenjawabkebutuhandalamprosespembelajaranbiologiyaituproduk ilmiah, proses ilmiah dan sikap ilmiah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan Project-Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan sains pada siswa kelas VIII di MTs Al-Kahfi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa kuesioner dengan sampel sebanyak 43 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling . Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pada pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada indikator berpikir kritis memperoleh persentase sebesar 87.13%, indikator keingintahuan memperoleh persentase sebesar 88.57%, indikator literasi sains memperoleh persentase sebesar 84.90%, dan indikator berpikir analisis memperoleh persentase sebesar 86.53%. Rata rata yang didapatkan dalam setiap indikator yaitu sebesar 86.53%, yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Project-Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas VII di MTS Al-Kahfi. Abstract. Project-Based Learning (PjBL) is a teaching method that focuses on creating projects as a learning medium, serving as an intermediary to deliver educational material. Project-Based Learning is considered an appropriate method for developing scientific skills in biology, as its characteristics can meet the needs of biology learning, including scientific products, scientific processes, and scientific attitudes. The aim of this study is to describe the implementation of learning using Project-Based Learning in enhancing scientific skills among eighth-grade students at MTs Al-Kahfi. The research method used is qualitative descriptive, with data collected through a test instrument in the form of a questionnaire, with a sample of 43 students selected using purposive sampling technique. The results of the study show that in Project-Based Learning, the skills in science process indicators, such as critical thinking, achieved a percentage of 87.13%, curiosity achieved 88.57%, scientific literacy achieved 84.90%, and analytical thinking achieved 86.53%. The average percentage across all indicators was 86.53%, indicating that learning through Project-Based Learning effectively fosters science process skills in seventh-grade students at MTs Al-Kahfi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025