Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis
Vol 9, No 2 (2024): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis

DINAMIKA HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MAXIM DI BANDAR LAMPUNG

Safitri, Meilinda (Unknown)
Shalia, Lika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai transportasi online. Objek penelitian adalah mahasiswa/i di Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode analisis uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi (R), serta uji t dan F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh sebesar 7,7% terhadap keputusan konsumen (Y), sedangkan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh lebih besar, yaitu 39,9%. Konsumen mengeluhkan ketidakstabilan harga yang sering berubah secara tiba-tiba, menyebabkan kebingungan dan kekecewaan. Selain itu, masalah dalam kualitas pelayanan, seperti sikap driver yang tidak profesional, juga menjadi faktor utama dalam penurunan kepuasan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun harga menjadi pertimbangan, kualitas pelayanan lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Oleh karena itu, Maxim perlu meningkatkan transparansi harga serta memperbaiki standar pelayanan guna meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekombis Sains : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, with registered number p-ISSN: 2572-4198 (print), e-ISSN: 2502-1796 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, ...