Penelitian ini mengatasi permasalahan dalam pengembangan game berbasis Augmented Reality (AR) yang kurang adaptif terhadap kemampuan pemain, dengan merancang sistem level dinamis menggunakan teknologi hand tracking. Tujuannya adalah menciptakan pengalaman bermain yang menyesuaikan tingkat kesulitan secara otomatis berdasarkan performa pemain. Metode yang digunakan meliputi implementasi sistem pelacakan tangan dengan MediaPipe, perancangan algoritma adaptif untuk mengatur parameter permainan (durasi jatuh, kuota gelembung, tingkat kecepatan), dan pengujian dengan mengumpulkan 2.786 data sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme adaptif bekerja sesuai desain, dengan korelasi -0,99 antara level dan durasi jatuh, serta korelasi -1 antara level dan kuota gelembung. Sistem pelacakan tangan mencapai akurasi tinggi dalam mendeteksi gerakan pemain, memberikan pengalaman bermain yang responsif. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan game AR dengan kontrol inovatif dan membuka peluang penerapan gamifikasi di bidang edukasi, terapi, dan hiburan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025