Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk menganalisis aspek strength, weakness, opportunities, threats pada internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang akan diterapkan. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Analisis SWOT, IFE, dan EFE. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui situasi suatu bisnis pada perusahaan yang kemudian dikelompokkan menjadi dua aspek yaitu aspek internal dan eksternal perusahaan. Analisis IFE digunakan untuk memperoleh skor bobot masing-masing aspek internal berupa strength dan weakness yang dimiliki oleh perusahaan. Analisis EFE digunakan untuk mengetahui skor bobot dari masing-masing aspek eksternal berupa peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Analisis IE digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan pada matriks yang terdiri dari 9 kuadran. Didapatkan nilai total IFE sebesar 2.59 dan nilai total EFE sebesar 2.03. Nilai tersebut akan digunakan dalam analisis IE dan hasilnya menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran 5 yaitu strategi tumbuh dan berkembang (Growth and Build). Dampak yang diberikan dalam penelitian ini adalah dapat mengidentifikasikan serta melakukan analisis terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT MNO memiliki aspek strength yang lebih besar dibanding dengan aspek weakness, dan aspek opportunity yang lebih besar dibandingkan aspek threat. Maka strategi yang dapat diterapkan adalah Strategi S-O.
Copyrights © 2025