Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, dan kelengkapan barang terhadap minat beli konsumen di Alamart cabang Kartini dan menganalisis variabel independen apakah yang paling dominan dalam minat beli konsumen di alfamart cabang Kartini. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen Alfamart Cabang Kartini untuk mengambil suatu langkah kebijaksanaan dalam strategi pemasaran agar dapat memenangkan persaingan bisnis retail. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis linear berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Alfamart cabang Kartini. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Alfamart Cabang Kartini, karena hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05). Variabel Reputasi Perusahaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,015 (p < 0,005). Kelengkapan barang (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,02 (p < 0,05). Variabel kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, dan kelengkapan barang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. 55,7% variasi perubahan minat beli konsumen dijelaskan oleh variasi perubahan faktor – faktor kualitas pelayanan, reputasi perusahaan dan kelengkapan barang. Sementara sisanya sebesar 44,3 % diterangkan oleh faktor lain diluar ketiga variabel diatas yang tidak ikut terobservasi.
Copyrights © 2024