Abstrak: E-commerce di era industri ini menjadi alternatif utama untuk mempromosikan dan memasarkan produk bagi pelaku usaha. Pemanfaatan e-commerce memudahkan pelaku usaha dalam menjual produk secara lebih mudah dan menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan e-commerce dalam pengembangan UMKM Makaroni Crispy Mac, khususnya dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan platform e-commerce seperti Whatsapp Business dan Shopee menunjukkan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan. Selama periode dua bulan (November-Desember 2024), total penjualan melalui Whatsapp Business mencapai Rp 1.075.000,- (97,46%) dari total penjualan, sementara penjualan melalui Shopee hanya sebesar Rp 28.000,- (2,54%). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan e-commerce, khususnya melalui Whatsapp Business, efektif dalam mendukung pengembangan UMKM Makaroni Crispy Mac. dan meningkatkan daya saing produk di pasar.
Copyrights © 2025