MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 4 No. 1 (2024)

KEBIJAKAN REDAKSIONAL MEDIA LIPUTAN 6 BANDUNG ATAS PENGELOLAAN KONTEN LOKAL (Studi Kasus pada Berita Pemilu di Liputan 6 Bandung Periode Februari 2024)

Franly, Dessy (Unknown)
Pramesti, Olivia Lewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Konten lokal berita daerah berperan mengakomodir dan mewujudkan pesta demokrasi pemilu luber jurdil. Kebijakan redaksional media penting dikaji sebab menjadi acuan redaksi dalam mengelola beritanya agar hasilnya dapat mencerminkan peran ideal konten lokal dan media saat pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebijakan redaksional Liputan 6 Bandung dalam mengelola konten lokal berita pemilu pada periode Februari 2024 dengan berdasarkan tujuh aspek story selelctions pendekatan Gans. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kebijakan untuk memprioritaskan sumber dari para penyelenggara pemilu di wilayah Jawa Barat (source considerations) telah mencerminkan redaksi yang menitikberatkan lokalitas dari aspek sumber. Kebijakan pemberitaan simulasi dan pelanggaran pemilu (audience considerations) menunjukkan upaya redaksi dalam pendidikan dan pengawasan pemilu. Namun, ada kebijakan yang mengaburkan unsur lokalitas, seperti melibatkan sumber daya manusia dari pusat untuk mengurangi biaya (commercial considerations) dan memprioritaskan berita pemilihan presiden daripada pemilihan legislatif karena keterbatasan SDM (substantive considerations). Meskipun demikian, redaksi tetap menjaga profesionalitas, integritas, dan ketidakberpihakan dengan memberitakan paslon pilpres secara berimbang (value considerations) dan memberikan ruang untuk mengkritik pemerintah (political considerations).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...