Latar Belakang: Kualitas dan kuantitas informasi merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi ibu dalam pemberian ASI Eksklusif, oleh karena itu Edukasi berbasis video interaktif dilakukan sebagai salah satu sarana dalam menyampaikan informasi yang bekualitas dan diharapkan akan menambah motivasi ibu dalam memberikan ASI Ekslusif Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video interaktif terhadap peningkatan motivasi pemberian ASI Ekslusif pada ibu nifas primigravida di RSIA Ananda kota Makassar. Metode Penelitian: Metode Pre Eksperimental Design. sampel yang digunakan sebanyak 44 ibu nifas primigravida. Instrumen penelitian adalah lembar kuesioner. Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil: hasil penelitian dengan uji wilcoxon diperoleh nilai ?= 0.000 < ?= 0,05, sehingga dari hasil tersebut terdapat pengaruh edukasi berbasis video interaktif terhadap peningkatan motivasi pemberian ASI Ekslusif pada ibu nifas primigravida di RSIA Ananda kota Makassar.Kesimpulan: Pemberian edukasi berbasis video interaktif dapat menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan informasi yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan motivasi ibu nifas dalam memberikan ASI Ekslusif bagi bayinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025