PT. Bank Mandiri (Persero) merupakan salah satu perbankan yang menerapkan Terobosan yakni penerapan sistem Biil payment. Upaya mewujudkan pelaksanaan pelayanan public yang lebih baik dibutuhkan strategi perubahan sistem pelayanan. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memperbaiki sistem dan prosedur layanan dan kepuasan pelanggan. Perbaikan sistem dan prosedur tersebut diharapkan bisa menjadi sarana untuk memperbaiki kinerja pelayanan public sejauh ini dinilai masih belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pembayaran berbagai tagihan public melalui sarana bill payment pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode kualitatif lebih berdasarkan pada fenomenologis yang mengutamakan penghayatan. Jenis tagihan public yang dimaksud dalam penelitian ini seperti BPJS kesehatan, pajak bumi dan bangunan (PBB), tagihan air PDAM, sumbangan pembayaran pendidikan (SPP) perguruan Tinggi, kartu seluler pasca bayar Telkomsel dan Listerik pasca bayar PLN. Dari hasil penelitian ini bahwa pembayaran berbagai tagihan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya (a) melalui Teller dikantor cabang/unit PT. Bank Mandiri di seluruh Indonesia (b) melalui mesin ATM di Bank Mandiri (c) melalui Auto Debet PT. Bank Mandiri yang langsung melakukan penarikan dari rekening nasabah sesuai jumlah tagihan dan pajak (d) melalui internet Banking PT. Bank Mandiri.
Copyrights © 2023