Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KEDAI SERENADA PONDOK KACANG DI TANGERANG SELATAN

Ratih Purwasih (Unknown)
Zakaria Zakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Tujuan Penelitian Untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan konsumen Kedai Serenada di Pondok Kacang Untuk menganalisis pengaruh Promosi terhadap Kepuasan konsumen Kedai Serenada di Pondok Kacang. Untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi secara bersama-sama terhadap Kepuasan konsumen Kedai Serenada di Pondok Kacang. Jenis penelitian assosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Adapun. Populasinya yaitu konsumen sebanyak 949 orang, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus slovin, maka sampel adalah berjumlah 90 konsumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, Dari tabel di atas diperoleh hasil perhitungan nilai uji t variabel Promosi (X2) dengan thitung sebesar 7.431 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar dari ttabel (7.431 < 1.987) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.050) maka Ha1 diterima dan H02 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Dari tabel di atas diperoleh hasil perhitungan nilai uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan thitung sebesar 5.247 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih kecil ttabel (5.247 > 1.987) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.050) maka Ha1 diterima dan H02 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Berdasarkan hasil analisis pada tabel di atas yakni uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 78.664 sedangkan Ftabel ( 0,05) untuk n = 87 sebesar 2.71. Jadi Fhitung > dari Ftabel ( 0,05) atau 78.664 > 2.71, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka Ha3 dan H03 dapat dikatakan bahwa, Kualitas Pelayanan (X1), Promosi (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...