WIDYA LAKSANA
Vol 13 No 1 (2024)

PENDIDIKAN KARAKTER DAN MANAJEMEN STRES UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BEBAS HOAK

Jiwa Permana, Agus Aan (Unknown)
I Gede Partha Sindu (Unknown)
I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram (Unknown)
Saputra Wahyu Wijaya (Unknown)
Komang Setemen (Unknown)
I Made Pageh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pemerintah menargetkan bahwa lulusan vokasi dapat membantu menurunkan angka pengangguran. Melalui komunikasi dan diskusi secara mendalam dengan staf guru, dan pimpinan di SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja diperoleh informasi bahwa sekolah ingin menanamkan pendidikan karakter untuk siswa karena banyak siswa yang mengalami permasalahan baik pribadi, sekolah maupun dengan lingkungannya. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan materi pendidikan karakter untuk menjadi manusia sejati yang memiliki jati diri, serta memberikan kuisioner dass21 untuk deteksi tingkat siswa yang dapat mempengaruhi karakternya. Metode kegiatan ini adalah menjalin kemitraan, sosialisasi, melakukan pelatihan dan pedampingan, serta evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah sambutan sekolah dan pimpinan yang hangat, siswa yang mengikuti adalah kelas XI dari jurusan tata boga dan aplikasi perhotelan dan mahasiswa mapindo yang akan mengikuti magang yang berjumlah 80 orang. Dari hasil kuisioner yang diisi terdapat siswa yang mengalami stres, kecemasan, dan depresi tingkat yang sangat tinggi. Hal ini yang akan diselesaikan melalui pendampingan oleh guru sebagai konselor sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Other

Description

Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and ...