Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung dengan cepat, salah satunya teknologi augmented reality (AR). AR didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memroyeksikannya secara real time, sehingga seolah-olah menjadi interaktif dan nyata. AR potensial untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah metabolisme zat gizi, yang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi gizi namun dianggap sulit untuk dipahami karena prosesnya yang terlihat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media pembelajaran dengan teknologi AR untuk 1 bahan kajian dalam mata kuliah metabolisme zat gizi, yaitu interaksi metabolisme zat gizi, khususnya metabolism karbohidrat. Penelitian ini diawali dengan mendesain 3D modelling dan pembuatan media pembelajaran berteknologi AR dengan menggunakan beberapa marker. Aplikasi ini diberi nama “belajAR”. Pada awal metabolisme karbohidrat, digambarkan molekul karbohidrat berikatan dengan enzim amilase di dalam mulut kemudian jika terdeteksi marker berikutnya sesuai organ jalur makanan (yaitu lambung dan usus halus) maka akan ditampilkan proses perjalanan molekul tersebut sampai menjadi molekul terkecil nya. Aplikasi “belajAR|”ini mampu menampilkan metabolisme karbohidrat di mulut, lambung dan usus halus. Namun demikian, aplikasi ini masih memerlukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang mempermudah mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024