Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 3 (2024): September

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Tanpa Teknik Menyimpan Dengan Menggunakan Blok Dienes

Sajidah, Dadah (Unknown)
Muntaha, Muntaha (Unknown)
Maulana, Syahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang ada pada semua jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Tegalangus masih sangat rendah, apalagi tanpa mencatat materi penjumlahan dan pengurangan. Penyebab rendahnya hasil belajar adalah guru tidak menggunakan alat peraga yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru mencoba menggunakan alat peraga Blok Dienes. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Berdasarkan hasil survei aktivitas kelas diketahui bahwa rata-rata nilai mata pelajaran matematika dengan alat peraga Blok Dienes yaitu hasil siklus sebelumnya yaitu. 5,14, rata-rata siklus I sebesar 6,48 dan rata-rata siklus II sebesar 8,20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Blok Dienes dapat meningkatkan hasil siswa dalam penjumlahan dan pengurangan tanpa teknik menyimpan pada mata pelajaran matematika SDN Tegalangus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...