Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 3 No. 1 (2025): March

Strategi Pengembangan Promosi untuk Produk Buatan Pengrajin Lokal

Rahmadanti, Adisya Resti (Unknown)
Herliana, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Mode telah menjadi salah satu hal utama yang memiliki makna pribadi saat memilih untuk membeli produk fashion. Hal ini juga berlaku untuk produk sepatu. Selain menjadi kebutuhan dasar manusia, sepatu juga erat kaitannya dengan tuntutan mode untuk penampilan yang ideal utamanya bagi wanita. Berbagai preferensi wanita sebagai konsumen dalam memilih model sepatu bergantung dari beberapa faktor. Salah satunya yaitu terkait cara sebuah brand dalam mempromosikan tampilan dan desain produk melalui social media. Banyak konsumen yang juga mencari inovasi sepatu baru dengan model feminin untuk pemakaian sehari-hari mereka. Pada penelitian ini dipilih sebuah brand sepatu dengan merek Privet sebagai representative perusahaan fesyen yang khusus bergerak di bidang sepatu wanita dengan mode feminim, yang sesuai dengan topik permasalahan penelitian. Privet bekerja sama dengan pengrajin lokal untuk memproduksi sepatu dengan model dan kualitas yang setara dengan sepatu bermerek atau impor. Untuk mendukung dan terlibat aktif dalam gerakan #LocalPride, dilakukan penelitian terkait strategi promosi konten social media Privet guna meningkatkan minat beli konsumen wanita terhadap produk sepatu buatan pengrajin lokal. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan analisa kompetitor menggunakan Porter’s Five Forces untuk merumuskan strategi promosi menggunakan pendekatan Promotion Mix. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi peningkatan promosi dilakukan dengan fokus menggunakan iklan atau ads melalui social media Instagram. Setelah dilakukan uji coba, dapat disimpulkan bahwa penggunaan ads menjadi salah satu strategi yang cukup relevan karena dapat menghasilkan jumlah views sampai 98% dari total sebaran iklan ke user Instagram yang telah disesusaikan. Kedepannya, diharapkan agar uji coba penggunaan ads maupun bentuk promosi lain mampu diterapkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam persebaran di pasar online.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...